Perbedaan Merger dan Konsolidasi dalam penggabungan badan usaha

Perbedaan Merger dan Konsolidasi dalam penggabungan badan usaha

  • Merger

Merger adalah penggabungan perusahaan dengan jalan pemilikan langsung oleh suatu perusahaan lain yang digabungkan.pada cara ini, perusahaan yang mengambil alih perusahaan lain merupakan satu – satunya diantara perusahaan lain yang mempertahankan identitas serta melanjutkan usahanya, sedangkan perusahan lain yang menyerahkan hartanya dibubarkan dengan demikian perusahaan tersebut harus kehilangan statusnya sebagai unit usaha yang terpisah.biasanya penggabungan ini dilakukan dengan jalan memiliki seluruh harta kekayaan dan mengakui semua kewajiban atau hutang – hutang dari perusahaan yang dibubarkan tersebut. Pembayaran terhadap kekayaan tersebut dapat berupa uang tunai maupun surat – surat berharga.  

Dalam pembayaran jika pembayaran melebihi jumlah nilai pasar dari kekayaan bersih yang diserahkan, maka selisih lebih tersebut dapat diakui dan dicatat sebagai pembayaran goodwill.

  • Konsolidasi

Dapat dikatakan penggabungan konsolidasi yaitu jika proses penggabungan itu dibentuk sebuah perusahaan baru dengan tujuan khusus untuk membeli atau mengambil alih harta milik dan mengakui hutang – hutang dari dua atau lebih perusahaan yang telah ada. Biasanya perusahaan baru yanng dibentuk akan mengeluarkan modal saham atau surat berharga sebagai alat pembayaran atas kekayaan bersih yang diserahkan oleh perusahaan – erusahaan lain. Engan demikian pemegang saham perusahaan yang lama juga menjadi pemegang saham perusahaan yang baru. Hasil pemeriksaan laporan keuangan dan penilaian harta yang dimiliki masing – masing perusahaan akan dipakai sebagai dasar menentukan kontribusi relatip dari masing – masing pihak kepada perusahaan yang baru dibentuk.

Tentang evaoktaviagunawan

liat aja sendiri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s