PENGGABUNGAN BADAN USAHA

PENGGABUNGAN BADAN USAHA

(BUSINESS COMBINATIONS)

 

Penggabungan badan usaha adalah usaha untuk menggabungkan suatu perusahaan dengan satu atau lebih perusahaan lain ke dalam satu kesatuan ekonomis. Semua perusahaan menginginkan agar perusahaannya berkembang.

Dari segi organisasinya usaha mengembangkan perusahaan, dapat dilakukan melalui salah satu dari dua jalan sebagai berikut:

  • Mengadakan Ekspansi (perluasan usaha) dari usaha yang sudah ada

Usaha ini dapat dilakukan dengan cara membuka daerah – daerah pemasaran yang baru, menambah atau memperkenalkan produk – produk baru, menambah saluran distribusi yang baru dan memperbaharui cara atau sistem penjualan agar dapat meningkatkan omzet perusahaan. Sumber – sumber dana yang digunakan yaitu dari laba yang tdak dibagi dan hasil penjualan surat – surat obligasi.

  • Mengadakan penggabungan badan usaha atau External Business Expansion

Penggabungan badan usaha pada umumnya merupakan cara yang dianggap lebih menguntukkan dibandingkan cara yang pertama, karena melalui penggabungan usaha dapat diperoleh adanya kepastian mengenai daerah pemasaran, sumber bahan baku, atau penghematan biaya melalui penggunaan fasilitas dan sarana yang lebih ekonomis dan efisien.

Penggabungan badan usaha pun dapat dibagi dua yang dilihat dari segi cara terbentuknya, yaitu sebagai berikut :

  • Penggabungan Badan Usaha

Menggabungkan beberapa perusahaan yang telah ada sebelumnya menjadi satu perusahaan yang baru atau beberapa perusahaan ke dalam satu perusahaan yang baru. Dalam hal ini perusahaan yang digabung kehilangan dan melepaskan statusnya sebagai suatu kesatuan usaha yang memiliki badan hukum.

  • Pemilikan sebagian besar saham – saham perusahaan lain

Dalam hal ini maka akan terciptanya perusahaan induk dan perusahaan anak. Baik perusahaan induk maupun perusahaan anak masing – masing masih mempertahankan status badan hukumnya secara individuan. Namun demikian oleh karena perusahaan induk berhak mengendalikan operasi dan manjemen dari perusahaan, maka dari segi ekonomi, perusahaan induk lebih besar mengaluarkan biayanya.

Dari segi jenis usaha perusahaan yang bergabung, bentuk penggabungan badan usaha dapat dibedakan kedalam tiga macam bentuk, yaitu sebagai berikut :

  • Penggabungan Horozontal

Penggabungan horizontal terjadi apabila perusahaan – perusahaan yang bergabung menjalankan fungsi produksi dan penjualan barang – barang yang sejenis. Pada umumnya motif yang mendasari terbentuknya penggabungan horizontal adalah dalam rangka mengurangi tingkat persaingan diantara perusahaan sejenis tersebut. Keuntungan lain yang dapat diharapkan dari penggabungan horizontal selain mengurangi tingkat persaingan juga dengan adanya skala operasi yang lebih besar

  • Penggabungan Vertikal

Penggabungan vertikal ini merupakan penggabungan merupakan penggabungan perusahaan bahan pembuat bahan mentah dengan perusahaan yang membuat barang jadi, yang membutuhkan barang – barang mentah dari perusahaan sebelumnya. Usaha ini dapat lebih menghemat, karena yang seharusnya bahan mentahnya kita beli, tapi dengan cara ini dapat diperoleh atau dibuat sendiri.

  • Penggabungan Konglomerat (Conglomerats Combination)

Penggabungan ini merupakan jenis penggabungan dari penggabungan horizontal dan penggabungan vertikal. Penggabungan konglomerat terbentuk apabila perusahaan – perusahaan yang bergabung bukan perusahaan sejenis dan tidak pula mempunyai hubungan langganan (supplier). Tujuan dari penggabungan ini yaitu menggabungkan sumber – sumber ekonomi yang dimiliki oleh masing – masing perusahaan yang bergabung.

 

Tentang evaoktaviagunawan

liat aja sendiri
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s