KONSEP DASAR AKUNTANSI

KONSEP DASAR AKUNTANSI

Akuntansi sebagai suatu sistem mengenai beberapa asumsi atau terdapat adanya konsep dasar akuntansi yang merupakan sumber dari prinsip – prinsip akuntansi.

  • Kesatuan akuntansi

Data dan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan harus jelas menyebutkan unit atau perusahaan yang dilaporkan. Bukan merupakan laporan keuangan jika tanpa adanya unit yang melaporkan, jadi laporan keuangan harus jelas menyebutkan untuk perusahaan atau badan mana laporan keuangan tersebut dilaporkan.

  • Kesinambungan perusahaan

Akuntansi diperlukan oleh pihak yang berkepentingan karena didasarkan pada asumsi kesinambungan usaha. Bila usaha yang dimaksudkan hanya untuk beberapa hari atau bulan saja, maka informasi akuntansi menjadi sangat tidak berarti. Oleh karena itu perusahaan harus tetap hidup sepanjang masa sehingga diperlukan informasi untuk memantau kegiatan perusahaan yang dapat menyajikan data dan informasi mengenai posisi keuangan serta hasil usaha yang akan dibagi – bagi ke dalam periode.

  • Periode akuntansi

Pelaporan informasi keuangan untuk perusahaan yang diasumsikan hidup sepanjang masa atau berkesinambungan harus dipecah – pecah ke dalam periode dalam bentuk laporan keuangan agar dapat memantau posisi keuangan dan hasil usaha selama satu periode tertentu dalam masa yang berkesinambungan. Dengan demikian adanya batas waktu pelaporan informasi keuangan kepada manajemen yang dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

  • Pengukuran dalam nilai uang

Informasi akuntansi yang disajikan harus memiliki keseragaman bahasa yaitu uang. Tanpa adanya keseragaman dengan uang, informasi akuntansi yang disajikan tidak dapat diperbandingkan karena satuan unit pengukurannya berbeda – beda. Jelas nilai moneter dari posisi keuangan maupun hasil usaha suatu perusahaan menjadi dasar kesatuan bahasa akuntansi.

  • Harga perolehan

Harta kekayaan yang diperoleh haruslah dicatat pada saat perolehannya. Nilai yang dibayarkan untuk memperoleh harta kekayaan tersebut merupakan nilai yang akan dicatat dalam laporan keuangan. Nilai inilah yang akan disajikan dalam laporan keuangan.

  • Penetapan pendapatan dan biaya

Pelaporan pendapatan dan biaya harus jelas menunjukkan periode dimana harus dilaporkan dan dikaitkannya dengan aktiva dan hutang yang bersangkutan.

  • Konsistensi

Penerapan akan prinsip akuntansi harus dilakukan secara konsisten dari satu periode ke periode lainnya. Dengan penerapan prinsip akuntansi secara konsisten, maka data dan informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan dapat diandalkan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

  • Objektivitas

Data dan informasi keuangan harus disajikan dengan tidak memandang dan mempertimbangkan satu atau pihak tertentu lainnya.

  • Materialitas

Data dan informasi keuangan yang timbul dari transaksi yang jumlahnya relatif kecil dan tidak berarti terhadap laporan keuangan dapat diabaikan.

  • Konservatisme

Dalam konsep ini penyaji informasi keuangan harus hati – hati terhadap pencatatan pendapatan dan biaya. Dampak lain dari menganut paham konservatif adalah terciptanya pencatatan pendapatan secara accrual atau cash basis yang terutama dirasakan penting dalam penerapan akuntansi bank.

  • Pernyataan terbuka

Informasi yang diketahui sudah terjadi maupun yang potensial akan terjadi, sebaiknya disajikan dalam laporan keuangan apakah dalam bentuk catatan kaki ataupun dalam catatan terhadap laporan keuangan.

  • Realisasi

Data dan informasi keuangan yang disajikan harus jelas menyajikan dasar pengakuan pendapatan yang telah dicerminkan dalam ikhtisar laba – rugi.

About these ads

Tentang evaoktaviagunawan

liat aja sendiri
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s